Cara Menulis Yang Baik

Sabtu, 27 Juli 2013 | komentar




Menulis sebenarnya adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan semua orang, namun seringkali kita terbentur dengan hal-hal sepele yang membuat kita menjadi malas atau bahkan merasa menulis adalah hal yang tidak penting bahkan membosankan.

Terlalu banyak memikirkan mengenai masalah tema apa yang akan di angkat dalam tulisan seringkali menjadi penghambat kita menulis. Padahal sebenarnya jika kita ingin menjadi orang yang piawai dalam menulis, jangan pernah ragu untuk memutuskan tema untuk tuliusan kita. Sepanjang tema yang akan kita ambil itu memiliki banyak referensi dari berbagai sumber. Namun memang kita juga harus sadar diri untuk tidak sekali-kali mengambil sebuah tema tulisan yang sama sekali kita tidak paham, karena itu juga bisa menjadi penghambat. Jadi, sebaiknya tema yang kita ambil itu cukup kita kuasai atau yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari.

Pembukaan, yang seringkali juga menjadi penghambat kita dalam menulis adalah jika kita terlalu lama memikirkan pembukaan / mukaddimah. Tidak jarang, jika kita ingin menuliskan sesuatu yang sudah kita tentukan temanya sekalipun, kita masih berpikir lama untuk memulainya dari mana, menentukan pembukaan dari tulisan kita jangan pernah menjadi penghambat kita menulis, dalam hal ini tulislah mulai dari apa saja yang terlintas di benak kita, lalu biarkanlah mengalir apa adanya.

Nah, disaat kita sudah mulai menulis. Ada satu hal lagi yang biasa jadi penghambat tulisan kita cepat selesai, yaitu jika kita terlalu sering menghapus tulisan itu. Entah karena ejaan yang salah, atau penempatan kata yang tidak sesuai, atau semua hal yang kita anggap tidak bagus.

Sebenarnya menghapus tulisan atau kata yang salah itu mungkin wajib, tapi jangan kita lakukan pada saat tulisan kita sedang mengalir karena itu akan sangat mengganggu konsentrasi kita dalam menulis. Justru yang seharusnya kita lakukan adalah membiarkan tulisan kita mengalir apa adanya hingga selelsai, barulah kita menyesuaikannya dari awal.

"Menulislah Seperti Layaknya Kita Bicara, Itu Cara Yang Terbaik!"
"M u l a i l a h M e n u l i s !!"

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : The Hunter | dHunter Blog | The Hunter
Copyright © 2011. dHunter News - All Rights Reserved
Template Created by Nadil TheHunter Published by The Hunter
Proudly powered by Blogger